10 Tips Menata Kamar Mandi

February 20, 2014 in Arsitektur dan Desain Interior by bengkel las semarang

desain kamar mandi

   10 Tips Menata Kamar Mandi

 

Kamar mandi merupakan sebuah ruang privacy bagi setiap orang. disinilah tempat kita membersihkan diri kita secara menyeluruh, sehingga  sangat dibutuhkan sebuah ruang yang betul betul nyaman, bersih dan tertata rapi.  Bahkan kamar mandi yang nyaman dapat menjadi tempat bagi kita untuk mengekspresikan diri, mencari inspirasi dan menggali ide ide juga bisa menjadi tempat pelepasan emosi manusia.

Berikut beberapa tips menata kamar mandi

1.Perhatikan Alur

alur sangat penting bagi kenyamanan pengguna kamar mandi.  Letakkan lavatory dekat pintu masuk, lalu toilet dan kabinet di area kering. lalu setelah itu masuk ke area basah, dimana di area ini  dapat kita tempatkan , bathtube,shower ,bak mandi dsb .

2.Pemisahan area basah dan kering

Pembedaan level antara area basah dan kering  sangat penting. Hal ini tidak hanya digunakan untuk membedakan area saja tapi jugaberfungsi untuk menjaga area kering tetap kering, dan tidak terkena limpahan air dari shower atau bathtube. gunakan  tirai plastik / shower tray, sekat kaca atau acrilic untuk mecegah percikan air dari area basah.

desain kamar mandi3. Pemilihan sanitary

Pilih ukuran dan jumlah sanitary yang sesuai dengan ukuran ruangan anda, jangan sampai sanitary yang ada membuat ruangan menjadi sesak.

4.Bahan pelapis dinding dan lantai

Sesuaikan material/bahan pelapis dinding dan lantai sesuai dengan fungsi . Pada Area basah gunakan pelapis lantai yang kasar/ tidak licin. hindari material yang rentan terhadap air seperti marmer.

5.Peralatan Elektronik

Didalam kamar mandi diperlukan beberapa peralatan elektronik sebagai fasilitas kamar mandi dan untuk kenyamana kamar mandi, misalnya electric Shaver, tape/radio dsb. Letakkan Stopkontak di area yang  benar benar kering dan tidak terkena air. jauhkan kemungkinan meletakkan peralatan elektronik dari area bathtube untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi pada saat berendam .

6.Pemilihan kloset

Sesuaikan dengan kenyaman dan kebiasaan anda. jika tidak terbiasa dengan kloset duduk, jangan memakasakan diri untuk memasang kloset duduk.  Sesuaikan dengan kebutuhan, Jika pemakai kamar mandi adalah seorang  yang sudah tua , atau seorang yang sangat gemuk, ada baiknya memilih kloset duduk untuk kamar mandi, karena kloset jongkok akan menyulitkan mereka dalam mengunakannya.

7.Sirkulasi udara.

Kamar mandi yang ideal adalah kamar mandi yang mempunyai sirkulasi udara dan pencahayaan  yang baik. berikan bouvenlist  atau jendela utnuk sirkulasi  udara. jika punya anggaran belebih bisa  juga anda pasang exhaust fan untuk kamr mandi . jika memungkinkan  anda bisa membuat skylight untuk menambah  jumlah cahaya yang masuk.

8.Kamar mandi anak

Pertimbangkan  dalam menggunakan property anak dengan jangka waktu pemakaiannya, apakah mampu mengikuti pertumbuh kembangan anak. Agar kamar mandi anak bisa dipakai dalam jangka waktu lama, pilihlah perlengkapan standart,lalu bedakan dengan penataan interiornya. misalnya pakai motifdan permainan warna pada dinding dan lantai. Dengan demikian ketika anak anda  beranjak dewasa  . hanya elemen elemen interiornya yang diubah, tidak sampai kita mengubah material  kamar mandi.

9.Perawatan

Salah satu faktor terpenting adalah  Perawatan . kamar mandi yang kotor mengganggu pemandangan dan  kesehatan pengguna dan penghuni rumah. untuk menjaga kebersihan kamar mandi perlu dilakukan perawatan rutin seperti pengurasan bak  mandi, menyikat lantai dan dinding.

10.Ukuran kamar mandi.

Tidak ada ukuran yang ideal bagi kamar mandi. untuk kamar mandi kecil bisa diisi dengan kloset , shower atau bak mandi. utnuk kamar mandi yang berukuran besar dapat diisi dengan bathtub,kloset, lavatory,shower atau bak mandi, bahkan ada ruang penyimpanan handuk, dsb.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Share