9 Desain Gereja Terindah Di Dunia

March 1, 2014 in Arsitektur dan Desain Interior by bengkel las semarang

9 Desain Gereja Terindah Di Dunia

Agama Kristen merupakan salah satu Agama tertua di dunia dan termasuk agama yang mempunyai banyak pengikut yang tersebar diseluruh dunia.  Pengikut Agama ini  mempunyai tempat ibadah yang dinamakan Gereja .  Kekristenan berkembang pesat pada abad pertengahan  dan mengikuti perkembangannya  banyak didirikan gereja gereja megah yang membuat kita bedecak kagum dengan kemegahan bangunan bangunan gereja tersebut. Berikut ada 10 bangunan gereja dengan arsitektur yang sangat indah yang ada di dunia.

1. Sagrada Familia

Sagrada_Familia

 

Adalah sebuah Gereja Katolik Roma di Barcelona,Catalonia Spanyol. Dirancang dengan gaya arstitektur modernisme oleh seorang Arsitek Catalan , Antoni Gaudi 1852-1926).Setelah Gaudi meninggal pd thn 1926 dan diperkirakan akan selesai tahun 2026 (seratus tahun setelah kematian  Gaudi) kemudian pembangunan diteruskan oleh Domenech Sugranves. Gereja ini Dimasukkan  sebagai  salah satu warisan Dunia oleh UNESCO. Gereja ini mempunyai 18 menara yang melambangkan ke yesus kristus,duabelas murid yesus, perawan  Maria dan 4 penginjil  yaitu :banteng ( St Lukas ), seorang pria bersayap ( St Matius ), elang (St John ), dan singa ( St Mark )

spesifikasi:

Kapasitas 9,000
Panjangnya 90 meter (300 ft)
Lebar 60 meter (200 ft)
Lebar ( nave ) 45 meter (148 ft)
Spire (s) 18 (8 sudah dibangun)
Spire tinggi 170 meter (560 ft) (direncanakan)

2. St. Basil’s Cathedral

St. Basil’s Cathedral merupakan sebuah gereja Ortodoks Rusia yang bangun di Lapangan Merah , Moskow pada tahun 1555-1561.  Gereja ini mempunyai banyak atap yang berbentuk kerucut dengan warna warni  yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia antara Eropa dan Asia.
Pembangunan katedral ini diprakarsai oleh Ivan IV yang Kejam dan dibangun antara 1555 dan 1561 di Moskow untuk memperingati direbutnya Kekhanan Kazan.

St. Basil’s Cathedral juga sekaligus menjadi sebuah bangunan tertinggi di Moskow sebelum Ivan Bell tower selesai dikerjakan pada tahun 1600.Semenjak tahun 1928 bangunan gereja ini digunakan sebagai Museum Sejarah. Kemudian pada tahun 1990 bangunan gereja ini mendapatkan gelar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

3.Las Lajas Sanctuary

Ialah Sebuah gereja di kolombia yang mulai dibangun pada tgl 1 Januari 1916 hingga  selesai tanggal 20 Agustus 1949. Geereja ini dibangu npada sebuah ngarai dengan ketinggian 100 m di dari dasar ngarai dan dihubngkan dnegan sebuah jembatan sepanjang 50 M.  Menurut legenda, Gereja ini di bangun berdasarkan  suatu kejadian  yang ajaib  yang terjadi tahyn 1754 dimana seorang wanita bisu tuli yang melihat penampakan Perawan maria dalam sebuah badai.

4.St. Peter’s Basilica

 

Basilika Santo Petrus (Bahasa Italia San Pietro in Vaticano) adalah sebuah basilika utama Katholik di Kota Vatikan , dikelilingi oleh Roma. dibangun atas perintah kaisar kristen pertama yaitu konstantin I ,pada tahun 326 di tempat dimana santo petrus menjadi martir . di tempat inilah  Santo Petrus disalibkan dan kuburkan  yaitu dibawah altar utama .Bangunan ini digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (dia meliputi area 23.000 m² dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000) dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Konstruksi basilika ini dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626,setelah gereja lama mulai mengalami kerusakan setelah  1300 tahun sejak  konstantin memerintah. info lengkap  di sini 

5. Notre Dame

 

Notre Dame de Paris (bahasa Perancis untuk “Bunda Kita di Paris”, artinya gereja di Paris yang dipersembahkan pada Bunda Maria), biasanya disebut sebagai Notre Dame, adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité di Paris, Perancis, dengan pintu masuk utama di barat. Selain tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. Notre Dame de Paris dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur gothic Perancis.

6. Hallgrimskirkja

Hallgrímskirkja (gereja Hallgrímur) adalah gereja yg terletak di Reykjavík, Iceland. Dgn tinggi 74.5 metres (244 kaki), merupakan bangunan ketiga tertinggi di Iceland. Memerlukan waktu 38 thn untuk membangun gereja ini. Konstruksi dimulai pd thn 1945 dan selesai pd thn 1986. Gereja ini terletak di tengah kota dan menjadi salah satu landmark di kota itu.

7. Jubilee Church

 

Gereja Jubilee pertama dikenal dgn nama Dio Padre Misericordioso, selain berfungsi sbg gereja Jubilee jg merupakan pusat komunitas bagi 8000 penduduk Tor Tre Teste, Roma.

8. Notre Dame du Haut

 

Gereja ini terletak di Prancis dan dikenal jg dgn nama Ronchamp. Selesai dibangun pd thn 1954 dan merupakan contoh bangunan yg memiliki arsitektur yg indah di Paris/Swiss. Selain itu jg dianggap sbg bangunan religius yg penting di abad 20.

9. The Crystal Cathedral

 

Crystal Cathedral adalah sebuah megachurch yang berada di kota Garden Grove, di Kabupaten Orange, California Selatan. Gereja ini didirikan pada tahun 1979 oleh Pdt. Robert H. Schuller dan istrinya, Arvella, di lokasi yang hingga saat itu dikenal sebagai Garden Grove Community Church. Gereja ini memiliki arsitektur yang terkenal di seluruh dunia karya Philip Johnson. Bangunan gerejanya dibangun dengan menggunakan lebih dari 10.000 panel kaca. Gereja ini juga terkenal karena memiliki 5 orgel pipa yang besar dengan 280 rank yang dibangun oleh Fratelli Ruffatti. Instrumen ini memadukan orgel pipa besar Aeolian-Skinner yang dibangun pada 1962 untuk Avery Fisher Hall di New York.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Share