Penyebab banjir di semarang.

January 25, 2014 in Teknik Sipil dan Teknik Pengelasan by bengkel las semarang

Penyebab banjir di semarang.

banjir semarang

penyebaba banjir di semarang

banjir di semarang merupakan permasalahan yang  berpuluh tahun   menjadi masalah  kota  yang sulit diatasi.  tercatat beberapa banjir besar telah terjadi di semarang seperti  banjir bandang  tahun 1991, dimana air menggenangi sebagian kota semarang dan bahkan hingga  sampai kedalaman 2 m di daerah puspanjolo dan daerah sekitar banjir kanal barat. Bahkan menurut Liem Thian Joe, sejarawan Semarang, banjir terbesar di semarang terjadi pada tahun 1832 dimana hujan yang turun selama berhari hari mengakibatkan kota Semarang tergenang air selama beberapa minggu.

Banjir  adalah peristiwa tergenangnya daratan  karena volume air yang meningkat atau karena tidak tertampungnya air oleh sungai sehingga mengakibatkan limpasan air atau genangan pada daerah yang biasanya kering.

 

Kondisi geografis Semarang.

Untuk memahami  penyebab banjir di kota semarang kita perlu mengenal kondisi geografis semarang. Memang  dari segi geografis, kota semarang terletak di daerah yang rawan bahaya banjir., dimana semarang teletak di  bagian hilir beberapa Sungai dan  terdiri dari dataran rendah (di sebelah utara ) seperti ; semarang utara, pedurungan , semarang timur dll dan dataran tinggi di bagian selatan seperti  : kawasan candi, tembalang ,ungaran ,ngaliyan, gunungpati  dsb. Pertumbuhan penduduk  dan perpindahan penduduk ke semarang juga  menambah masalah lingkungan bagi kota ini. Dari data BPS kota semarang, rata rata 30.000-42.000 jiwa pertambahan penduduk baru setiap tahunnya .

potensi banjir  di kota semarang

1.Faktor geografis Semarang seperti diuraikan diatas.  Dengan Kondisi geografis  yang memiliki beda tinggi  seperti ini , Semarang berpotensi  mendapatkan banjir kiriman dari wilayah semarang atas dan kabupaten semarang (ungaran dsb)

2.Perubahan Lahan. Dibeberapa tempat seperti daerah  ngaliyan ,boja ,mijen dsb terjadi perubahan pemanfaatan lahan, dimakan kawasan hutan  karet  berubah menjadi kawasan pemukiman yang padat penduduk. Akibatnya terjadi kerusakan lingkungan di daerah tersebut. Penggundulan hutan  mengakibatkan daerah ngaliyan dsb yang sebelumnya tidak pernah mengalami banjir  terkena musibah banjir., dan juga berperan dalam mengirimkan air ke semarang bawah. Perubahan lahan pertanian di daeran kabupaten semarang menjadi kawasan pemukiman juga  merupakan penyebab banjir di semarang karena banyak sungai yang berhulu di kabupaten semarang melewati kota semarang bagian bawah.

3.Pengeprasan bukit. Pengeprasan bukit di beberapa tempat, seperti daerah simongan,nglaiyan, gatot subroto mengakibatkan perubahan pola aliran air,erosi dan mempertinggi kecepatan aliran air sehingga membebani area pengairan.

4.perumahan liar di bantaran Sungai dan pembuatan tambak yang mempersempit sungai.

5. factor Prilaku masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya  sehingga mengaibatkan pendangkalan,sdimentasi  dan penyumbatan aliran air di sungai sungai. Sedimentasi sungai ini dapat kita lihat di daerah muara sungai seperti Kali semarang,banjir kanal barat dan banjir kanal timur,kali banger,kali silandak, kali asin dsb.

6.Kapasitas Sungai dan drainase yang tidak memadai juga merupakan factor pendyebab banjir di semarang.

7.Penurunan Muka Tanah dan Rob.

Pengambilan air tanah secara berlebihan dan reklamasi pantai mengakibatkan penurunan muka tanah di semarang hal ini mengakibatkan  terjadinya rob di wilayah utara semarang. Bahkan sampai hari ini genangan rob sudah mencapai kawasan  johar hingga ke kawasan citarum.

8.faktor penempatan sarana perkotaan seperti pipa PDAM , kabel kabel listrik yang sering kali memanfaatkan saluran drainase  perlu di tata ulang lagi karena  ikut memberi andil dalam mengganggu aliran drainase di semarang.

 

sumber:http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=4&dn=20090615073405

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Share