Tips Mencegah Rayap Masuk rumah

February 26, 2014 in tips tips by bengkel las semarang

 mencegah rayapmecegah rayap

Rayap Merupakan binatang pemakan sel sel kayu/ selllulosa. Di Alam serangga ini sebenarnya sangat  berguna sekali  bagi alam  karena  rayap memakan bahan bahan organik di alam sehingga secara tidak langsung dapat menyuburkan tanah.  Namun sebaliknya jika rayap ini tinggal di rumah anda, maka rayap akan menjadi musuh terbesar rumah Anda. Kegemarannya memakan kayu dapat menjadikan  material di rumah  yang mengandung sellulosa seperti kayu,karpet,kertas gipsum akan rusak dan hal ini dapat  membuat rumah anda rapuh perlahan-lahan.  Ada lebih dari 2000 jenis rayap, salah satunya yang paling merusak adalah rayap tanah ,Coptothermes curvignathus yang hidup berkoloni membentuk sarang dibawah permukaan tanah. Cara kerjanya yaitu rayap menembus celah-celah sempit pada bangunan dan membuat jalan menuju sumber bahan makanan . Jalan yang dilewatinya adalah daerah di sekitar pondasi, saluran atau pipa air, lantai yang retak, dinding serta komponen lain yang berada di tempat lembab atau yang dekat dengan tanah.  hal ini penting diketahui jika  kita ingin mencegah rayap  masuk kerumah kita.

Jika rumah anda telah terserang rayap maka akan sangat sulit membasminya karena rayap ini bertelur didalam kayu, sehingga  jika kita membasminya dengan pestisida  yang disemprotkan  sangat dimungkinkan hanya rayapnya yang mati , tapi tidak dengan telur telur yang ada didalam kayu tersebut. oleh karena itu  jika rumah belum terkena rayap kita harus mencegahnya jangan sampai rayap masuk ke rumah kita. Ada banyak cara sederhana untuk mencegah rayap-rayap menyerang rumah Anda. Namun satu hal yang terpenting adalah menjaga  agar rumah tidak lembab.

 tips sederhana mencegah rayap masuk ke rumah .

Jaga  Selokan rumah Selalu Bersih
Rayap menyukai daerah yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan.Jaga selokan agar selalu bersih dan  hilangkan segala sumbatan di selokan yang dapat menjadikan air tergenang sehingga aliran air dapat lancar.

Perbaiki Kran yang Bocor
Jika ada kran yang bocor, segera perbaiki. Kran yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, juga menghemat air.

Kurangi Kayu
Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya. Jika memang harus menggunakan kayu, pilihlah kayu  kayu  yang tidak disukai rayap seperti  kayu jati , Kayu ulin , kamper medan atau bengkirai yang berumur cukup tua. kayu kayu tersebut tidak disukai rayap karena  aroma yang dikeluarkannya dan  untuk kayu tertentu mengeluarkan getah yang tidak disukai rayap. Hindari penggunaan papan  multiplek atau MDF untuk furnitue anda, karena rayap sangat menyukai  jenis papan seperti  ini.

Pantau Ventilasi Udara
Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap ‘bertamu’ ke dalam rumah Anda.

Plitur Ulang
Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan plitur.

 Pemberian Serum Anti Rayap

Serum diberikan pada lubang-lubang pondasi dan area yang akan dipasangi penutup lantai. Caranya, semprot atau siram cairan serum yang mengandung termetrin. Takarannya sekitar 2-3 liter/m2. Dosis yang berlebihan bisa membahayakan lingkungan.

Kayu Diberi Perlakuan Anti Rayap

Sebelum rangka atap dipasang, kayu terlebih dahulu diberi cairan anti rayap. Dicelup, dikuas dan dioles. Perlakuan ini juga berlaku untuk kayu kusen, jendela, dan pintu. Bila waktunya mencukupi, kayu bisa direndam selama 4-6 bulan untuk menghilangkan zat yang mengundang rayap. Ir. Alvin (Pryda) menyebut metode ini adalah wujud dari kearifan lokal karena sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh nenek moyang kita.

mencegah rayap Pada saat  konstruksi bangunan

mencegah rayap Pada saat  konstruksi bangunan  juga sangat penting dilakukan , yaitu dengan cara memberikan cairan  anti rayap pada badan pondasi dan tanah disekitar pondasi sehingga bisa menjadi barrier yang menghalangi rayap naik ke bangunan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Pondasi Cakar Ayam
Apakah Teknik sipil itu?
video Membangun Gedung 30 Lantai Dalam 15 hari
Inilah Pencakar langit pertama di dunia
5 Tips Membeli Canopy | canopy,kanopi.
Tips Agar Teralis Jendela Sukar di Bongkar
Tips :5 Cara Cepat Membersihkan Rumah
Untung ruginya Punya Kolam Renang
10 Tips Menata Kamar Mandi
Daftar Bangunan Terluas di Dunia
Tips-Cara Menghitung Kebutuhan Keramik - mengitung keramik.
5 Kesalahan dalam Merawat Stainless steel
Tips Desain Pagar rumah Minimalis : pagar rumah.
Membuat bengkel Las Part I - bengkel las,bengkel besi ,pagar ,tralis,canopy, tangga besi - bengkel las,bengkel besi,pagar ,pagar ,tralis,canopy, tang...
Jasa Bengkel Las
Tips Mengatasi Kebocoran Dak Beton :- dak beton bocor.
Tips Memperbaiki Lantai yang Turun atau Ambles
Tips Membasmi Lumut pada Genting
Menggunakan Logam dalam Desain interior
6 tips Merawat Pagar Besi Rumah
Share